TUGAS DAN WEWENANG MANTAN PRESIDEN LIONS

TUGAS DAN WEWENANG MANTAN PRESIDEN TERBARU

Tugas dan wewenang Mantan Presiden Terbaru ( Anggaran Rumah Tangga Lions Clubs Indonesia  Pasal  13/2 ) :

  • Menyambut  kedatangan dan mendampingi tamu Club pada setiap pertemuan
  • Memberi nasehat kepada Presiden dan membantu memecahkan permasalahan Club apabila  diminta.

Ketika selesai  mempertanggung jawabkan kinerja masa baktinya sebagai  Presiden, dan serah  terima jabatan  kepada Presiden yang  baru telah  terlaksana dengan  mulus, tidak  jarang kita  dapati  mantan  Presiden menyatakan  kelegaannya telah  terlepas dari  beban  tugas yang berat.

Apakah  Anda  termasuk didalam kelompok  mereka yang  beranggapan bahwa  setelah satu  tahun mengabdi sebagai  Presiden Club, Anda  kini boleh pensiun ?

Didalam Lions, tidak dikenal istilah pensiun. Seorang mantan pejabat Lions mempunyai nilai tersendiri bagi para Lion.

Dengan memahami kewajiban dan hak,  setiap dari  kita akan  berusaha menjalankan kewajiban dengan sebaik-baiknya.

Sebagai mantan  Presiden Club, Anda pasti  memiliki  tahunan  pengalaman kepemimpinan. Sebagai  tambahan pada  pengalaman mengabdi sebagai  Presiden, Anda  telah mengabdi sebagai Wakil Presiden  selama tiga  tahun.  Dan  sebelumnya, Anda  telah dipercaya menjabat berbagai jabatan  di Badan Pengurus  maupun Komite. Anda  juga  pernah menjabat sebagai  anggota Komite Penasehat Gubernur Distrik.

Apa yang Anda lakukan sekarang?? Pensiun??

Jauhkan pikiran demikian kecuali….Anda memutuskan untuk berhenti jadi relawan karena sisi sanubari Anda tidak lagi mempunyai pelayanan untuk kemanusiaan.

Kemungkinan untuk Anda  menduduki jabatan  yang  lebih  tinggi sudah terbuka luas. Namun sebaliknya,  harus  ada kesediaan dari  pihak Anda untuk mencapainya. Menjadi Ketua Daerah, misalnya dan seterusnya.

Orang  yang  berkeinginan mencari pengalaman kepemimpinan ditingkat lebih  tinggi senantiasa disambut  baik didalam organisasi relawan  ini. Tersedia juga Institut Lions untuk mereka yang sudah pernah menjadi Presiden Club. Dan Anda hendaknya tidak ragu-ragu menggunakan kesempatan  ini.

Lions Clubs International berharap bahwa  Anda akan  tetap melibatkan diri  dalam  pertumbuhan dan  sukses  Club Anda.

Para pemimpin Club  yang sekarang bertugas  sangat dianjurkan untuk  tidak menyia-nyiakan pengalaman dan talenta para  pendahulu mereka.

Para  mantan Presiden Club hendaknya menyadari bahwa  Presiden Club  yang sekarang telah dipilih oleh  para anggota  untuk  menjalankan  Club.  Peranan Anda  kini  adalah menawarkan pengalaman  Anda sebagai alat yang  dapat  dipakai oleh Presiden melaksanakan  program Club  dengan sukses.

Bila  Anda diminta mengerjakan sesuatu tugas, Anda harus  menerimanya  sebagai  suatu  kewajiban sekaligus hak.

Berikut  ini  adalah saran-saran agar pengalaman yang telah Anda  peroleh dengan  tidak mudah  itu tidak  sia-sia,  atau diabaikan begitu saja.

1. Pelihara Komunikasi:

Anda  harus tetap memelihara  komunikasi  dengan  Club.

Bacalah informasi yang diterima Club, termasuk newsletter dan  publikasi lainnya,  begitu  pula informasi dari  Distrik, Multi Distrik dan International, termasuk Majalah The Lion. Dengan  demikian,  pengetahuan Anda akan Club dan masalah Asosiasi tetap segar.

2. Setia  kepada Club:

Anda  harus  setia  menghadiri pertemuan-pertemuan dan acara-acara  Club. Kehadiran Anda tersebut akan  merupakan  contoh  baik bagi anggota lain terutama anggota baru, dan  membuktikan  komitmen Anda yang berkesinambungan. Bila mungkin, sebaiknya Anda  berusaha menghadiri Konvensi-konvensi Distrik, Multi Distrik dan International.

3. Nara  Sumber :

Sebagai mantan Presiden yang baru lalu Anda menjadi  anggota pengurus keanggotaan Club yang tiga tahun kemudian menjadi Ketuanya. Bila  diminta, Anda harus siap memberikan orientasi bagi para calon anggota dan memberikan pelatihan  kepada para pejabat Club. Anda  mempunyai kualifikasi untuk fungsi yang sangat khusus dan  penting  ini. Bila  tidak  mempunyai komite yang khusus menangani masalah ini, para mantan Presiden seyogyanya secara  sukarela terjun  dalam  bidang  ini.

4. Juru  Bicara :

Anda  diharapkan aktif menyebarluaskan informasi mengenai  Club Anda kepada  kelompok  lain atau  masyarakat umum.

Sewaktu menjabat sebagai Presiden Club tentunya Anda mempunyai hubungan yang lebih luas dengan sesama Club / Presiden lainnya dan masyarakat yang dilayani Club dalam bhakti sosialnya.

Keterlibatan Anda  dalam  kegiatan  Club menjadikan Anda seorang  juru bicara yang jempolan bagi  Lions Clubs International.

5. Selalu  Siap:

Anda  diharapkan selalu  bersedia  menerima  penugasan.  Lebih  penting lagi  adalah,  Anda harus menunjukkan kesediaan Anda  dengan cara  meminta tugas  dari Presiden. Kesediaan Anda  ini  akan menjadi aset  berharga bagi  masyarakat  dan  mereka yang  membutuhkan  bantuan  kita.

Posted in 3. Tugas dan Wewenang Badan Pengurus Club. Comments Off on TUGAS DAN WEWENANG MANTAN PRESIDEN LIONS